Cara Tercepat Mengetahui Perjalanan Kehidupan Seorang Tunarungu Dari Semenjak Kecil

Judul    Buku  : Shafa Saatnya Tunarungu Bicara-Perjuangan Penderita Tunarungu Berat untuk bisa Mendengar dan Bicara

Penerbit : Memoira

Membuka halaman pertama buku ini, pembaca akan mendapatkan sambutan hujan testimoni yang begitu beragam. Inti dari testimoni mereka adalah buku tersebut merupakan sebuah buku yang menginspirasi para pembacanya.

Benarkah?

Tentu saya membenarkannya.

Kok bisa? Kenapa?

Buku yang mengambil kisah nyata perjalanan seorang tunarungu ini benar-benar menggambarkan kehidupan yang serba unik dengan keterbatasan dan perjuangannya. Bagi saya sebagai seorang pembaca, buku ini memiliki keunikan tersendiri. Sudut pandang pembicara dalam buku ini adalah seorang anak. Nah, bagaimana seorang anak bisa serba tahu tentang segala hal?

Pada bagian Vonis Sunyi halaman 47: Ini saat dimana semuanya berada dalam taruhan besar. Orangtuaku dipaksa melalui tikungan tajam yang sangat berbahaya, sempit, licin, penuh ancaman, dalam kondisi gelap gulita, penuh luka, patah tulang hatinya. Sedikit saja salah langkah ….

Pengisah buku ini adalah seorang anak tunarungu, meski saya tahu tentu menggunakan jasa penulis profesional untuk menuntaskan karya ini. Tetapi benarkah bahasa seorang anak tunarungu yang masih kecil sudah setinggi itu?

Bahasa yang sungguh bagi saya sebagai pembaca sangat dipaksakan untuk mendapatkan makna namun malah berujung pada kebingungan. Jika pembaca lain sebagai penikmat merasa biasa-biasa saja, saya malah bertanya-tanya pada beberapa bagian tertentu, misalnya saja pada bagian kutipan di atas, patah tulang hatinya benarkah  hati patah tulang?

Ok, terlepas dari keunikan yang membuat saya harus terheran-heran karena adanya kejanggalan-kejanggalan, karya ini layak mendapatkan apresiasi karena menceritakan perjalanan kisah hidup seorang anak tunarungu mulai dari lahir hingga menjejakkan langkah di dunia pendidikan dan juga lengkap dengan uraian-uraian prestasinya yang bisa membuat pembaca mengambil hikmah dari apa yang dibacanya.

 

Author: nulismulu

Blogger II Youtuber II Buzzer II Affiliate Marketer II Special needs teacher II Writer II Author II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *