Cenat-Cenut Matematika (Kisah Paling Mencengangkan dari Pelajaran Matematika)

Judul : Cenat-Cenut Matematika
No. ISBN : 9786020309484
Penulis : Nunu El Fasa
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit : Oktober – 2014
Jumlah Halaman : 248
Berat Buku : 500 gr

Pertama kali menerima buku ini, terbersit rasa kecewa. Sejujurnya, buku ini termasuk kategori antologi. Namun, di cover depan hanya tercantum satu nama penulis tanpa ada tambahan lain lagi, seperti misalnya dan kawan-kawan atau lainnya.

Begitupun pada bagian ucapan terima kasih, tak ada sama sekali ungkapan terima kasih kepada teman sesama penulis yang sudah mewujudkan kumpulan kisah matematika ini. Sungguh, ini adalah buku yang membuat saya harus belajar banyak agar tidak mengikuti jejaknya dan menjadi penulis yang memiliki empati. Entah memang sengaja atau tidak, tapi yang saya tangkap, bagi pengumpul naskah, penulis lainnya seakan memiliki arti yang sangat kecil.

Begitupun pada bagian akhir, tentang penulis yang seakan mengangkat satu penulis utama saja sedangkan kontributor lain hanya mendapat satu porsi kecil tanpa foto seperti pengumpul naskahnya.

Ok, sejujurnya buku ini adalah buku yang membuat saya kecewa dalam berbagai hal. Namun dari segi isi, buku yang ditulis oleh lebih dari 40 orang ini mengisahkan cerita yang berbeda tentang matematika yang tentunya akan membuat pembaca memiliki pengetahuan berbeda dari apa yang dibacanya.

Apalagi tentunya ada yang baru pertama kali karyanya dibukukan dan merasa bangga melihat karya pertamanya dibukukan. Dan mungkin ada yang memendam kekecewaan seperti saya juga.

Ok, terlepas dari banyak hal yang membuat saya bertanya mengapa begini dan begitu, ada hal menarik dalam buku setebal 234 halaman ini berupa: trik perkalian garis hinggga ribuan dan seterusnya, tips belajar matematika, tips mengajar matematika lebih menyenangkan, dan pastinya isi buku dari penulis yang berbeda memberikan wawasan berbeda pula.

Author: nulismulu

Blogger II Youtuber II Buzzer II Affiliate Marketer II Special needs teacher II Writer II Author II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *